Radika Putri Asal Sidempuan Sabet Medali Emas di Kejurda Forki Sumut

PADANG SIDEMPUAN – Karateka asal Kota Padang Sidempuan Radika Putri merupakan salah satu dari kontingen Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kota P.Sidempuan yang menyabet medali emas di nomor perorangan.

Tak tanggung-tanggung atlet karate kebanggaan Kota P.Sidempuan ini merebut gelar Best Of The Best (BOB) junior putri kelas Pi-47 Kg. Pada Kejurda Untuk Rengking Forki Sumatera Utara Tahun 2022 yang digelar Gor Mini Disporasu, 12-14 September 2022 yang diikuti 654 karateka se-Sumut. Mereka terdiri atas 176 perwakilan 14 perguruan serta Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) dan 428 perwakilan 23 Pengurus FORKI Kabupaten/Kota.

Menariknya, Radika Putri yang juga pada saat ini menimba ilmu di PPLP Sumut, satu-satunya atlet yang meraih medali Emas BOB (Best of the Best) dari rekan rekannya di PPLP Sumut.

Atas prestasi medali emas ini, Radika Putri berpeluang besar untuk masuk ke Tim Sumut untuk mengikuti Kejurnas Forki di Sumatera Barat (Sumbar) bulan Oktober 2022 mendatang.

Selain medali emas dari Radika Putri, atlet Forki Kota P.Sidempuan juga merebut medali 2 perunggu, yakni dari Yeselin Pasaribu Kelas 47 Kg dan Geri Manalu kelas 84 Kg Senior.

Ketua Forki Kota P.Sidempuan Benny Mutiha Sitompul yang didampingi pelatih Ilham Tanjung, kepada awak media, Jum’at (16/9/22) merasa bangga dengan semangat anak-anak didiknya, serta bersyukur dan bangga dengan prestasi yang diraih oleh mereka.

“Tentu raihan ini harus menjadi motivasi bagi atlet-atlet yang lain, petik pembelajaran, terus bekerja keras memberikan yang terbaik untuk meraih prestasi yang maksimal. Dan bagi atlet yang mendapatkannya jangan cepat-cepat terlena dan terlalu berbangga diri, namun teruslah bekerja keras, latihan lebih giat dan ditingkatkan menggali potensi diri, event-event besar sudah menunggu di depan,” ujar Benny.

Sementara, pelatih Forki Kota P.Sidempuan Ilham Tanjung menambahkan selain Radika Putri, ada juga 3 atlit karate kita yang akan bertanding di Kejurnas Sumbar bulan depan namun membawa PB perguruan.

“Oktober mendatang akan bertanding di Kejurnas Forki Sumbar, saya bertekat akan memberi yang lebih baik dari yang sebelumnya, mohon doanya untuk masyarakat Sumut Kota P.Sidempuan khususnya,” ungkapnya.

Tempat terpisah, Ketua KONI Kota P.Sidempuan Syaiful Jamil Hasibuan, mengaku bangga dan mengapresiasi atas capaian para atlet dan Forki Kota P.Sidempuan.

“Kita bangga atas prestasi ini, saya sangat berharap kepada seluruh atlet Kota P.Sidempuan agar terus berjuang untuk mengisi tim Sumut. PON 2024 sudah dekat di mana Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah, kita harapkan atlet-atlet kita kelak ambil bagian di dalam event itu,” pungkas Jamil. (JK)